Apa makna dibalik setiap font yang anda pilih?
Memilih font bagi para wirausaha tentunya bukan hal yang asal pilih,
melainkan menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis mereka. Seperti contohnya
tulisan khas Disney yang sebenarnya cukup sulit dibaca bagi anak berusia 6
tahun, mereka tetap bisa mengartikannya menjadi Disney. Ternyata, hal ini
terselipkan salah satu teori psikologi Gestalt dimana kita cenderung melihat
sesuatu menjadi satu kesatuan tanpa memisahkan menjadi beberapa bagian. Tulisan
khas Disney yang meski sulit dibaca, sesungguhnya membawa beberapa sisi
emosional seperti nostalgia dan fantasi bagi para pembacanya.
Dalam berbagai macam merk dan bisnis yang ada baik luar maupun dalam
negeri, mereka pasti memiliki font yang berbeda – beda dan font itu
mendefinisikan bagaimana tanggapan pembeli melihat pesan apa yang ingin merk
atau bisnis tersebut sampaikan. Simak beberapa tipe huruf yang mempunyai makna
dibaliknya
1. Serif
Tipikal huruf ini cenderung lebih sederhana dan terkesan tradisional. Font
ini dapat menunjukkan rasa hormat, dimana merk atau bisnis tersebut terkesan
dapat diandalkan, didirikan oleh orang yang terpercaya dan stabil. Salah satu
software terkenal yang memakai huruf ini ialah google. Dapat kita lihat font
google yaitu terkesan sederhana, stabil dan dapat diandalkan yang secara tidak
langsung kita mengandalkan google. Font Times New Roman, Book Antiqua, Calisto
MT, dan Heurestica tergolong tipe huruf serif.
2. Sans serif
Sans Serif sendiri berkarakter sebagai huruf yang bersih, fungsional,
dan lebih modern daripada serif. Biasanya, Sans Serif digunakan untuk desain
digital. Contohnya ialah font Century Gothic, Futura, Avant Garde, dan
sebagainya.
3. Script
Huruf yang satu ini sering digunakan pada wirausaha yang menginginkan pesan
inspirasi akan elegan dan keanggunan. Font ini identik dengan font seperti
tulisan tangan yang sering digunakan untuk sisi afeksi sehingga pembaca dapat
menerima pesan yang personal, kreatif dan benar – benar tulus. Dua tahun
belakangan ini banyak wirausaha makanan yang menjadikan font script sebagai
font nya atau menjadikannya sebagai hiasan di café nya.
4. Display
Karakterisitik tipe huruf Display terkesan akrab, lucu, cukup aneh,
dan membuat orang penasaran. Tipe huruf ini biasanya dituliskan cukup besar
yang cenderung mempunyai beberapa karakter bagi pembacanya. Contoh nyata tipe
huruf display ialah pada font unik Disney yang menjadi font paling dapat
dikenali di dunia.
5. Modern
Modern memiliki karakteristik yang terkesan cerdas, berfikir kedepan,
dan stylish. Mereka yang menggunakan
tipe huruf ini cenderung dapat melakukan hal futuristik dan cerdas. Uniknya,
mereka tidak hanya berkaca pada saat ini, tetapi juga menetapkan tren dan merk yang
dibawa seiring dengan reputasi mereka oleh pembaca. Tipe huruf ini mencerminkan
apa yang terjadi di masa depan. Salah satu contoh font dari tipe huruf ini
ialah Prototype.
Untuk memahami font psikologi ini membutuhkan waktu lebih dari sekedar
mengetahui emosi yang dibawa para pembaca. Adanya efek bawah sadar lain dalam
otak dalam memahami font tertentu. Bagaimana otak manusia mengartikan dan
mempersepsikan font tertentu dapat membantu kalian untuk membuka potensi yang
sesungguhnya dari setiap font yang digunakan.
Semakin sering para pembaca merasa tidak asing dengan font yang kalian
pilih, semakin sering para pembaca mempercayai kalian. Inilah penyebab mengapa
banyak desainer yang hanya memakai satu atau dua font, seperti font Helvetica.
Tetapi, bukan berarti kalian harus membuat desain kalian menyatu dengan orang
lain yang memakai font yang sama, lebih kearah sisi keakraban yang membantu
mendapatkan rasa percaya oleh pembaca. Apabila kalian merasa tidak harus khusus
dengan font Helvetica, kalian dapat menggunakan font lain yang mungkin
terinspirasi atau mirip dengan Helvetica untuk lebih menonjol tetapi tetap
dapat kesan akrab bagi pembaca.
Kalian semua juga harus cukup berhati-hati dalam memilih font untuk
logo. Seperti yang kalian tahu, para pembaca mempunyai perasaan, sisi emosi,
dan asosiasi saat mereka melihat warna tertentu. Semisal, jika kalian ingin
menggambarkan merk atau bisnis kalian mengarah ke sisi tradisional atau
terhormat kalian mungkin membutuhkan tipe huruf Serif. Namun, jika kalian ingin
bisnis atau merk kalian terlihat modern mungkin tipe huruf sans serif atau
script cocok untuk itu.
Komentar
Posting Komentar