Apa makna dibalik setiap font yang anda pilih?




Memilih font bagi para wirausaha tentunya bukan hal yang asal pilih, melainkan menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis mereka. Seperti contohnya tulisan khas Disney yang sebenarnya cukup sulit dibaca bagi anak berusia 6 tahun, mereka tetap bisa mengartikannya menjadi Disney. Ternyata, hal ini terselipkan salah satu teori psikologi Gestalt dimana kita cenderung melihat sesuatu menjadi satu kesatuan tanpa memisahkan menjadi beberapa bagian. Tulisan khas Disney yang meski sulit dibaca, sesungguhnya membawa beberapa sisi emosional seperti nostalgia dan fantasi bagi para pembacanya.

Dalam berbagai macam merk dan bisnis yang ada baik luar maupun dalam negeri, mereka pasti memiliki font yang berbeda – beda dan font itu mendefinisikan bagaimana tanggapan pembeli melihat pesan apa yang ingin merk atau bisnis tersebut sampaikan. Simak beberapa tipe huruf yang mempunyai makna dibaliknya


1.   Serif

Tipikal huruf ini cenderung lebih sederhana dan terkesan tradisional. Font ini dapat menunjukkan rasa hormat, dimana merk atau bisnis tersebut terkesan dapat diandalkan, didirikan oleh orang yang terpercaya dan stabil. Salah satu software terkenal yang memakai huruf ini ialah google. Dapat kita lihat font google yaitu terkesan sederhana, stabil dan dapat diandalkan yang secara tidak langsung kita mengandalkan google. Font Times New Roman, Book Antiqua, Calisto MT, dan Heurestica tergolong tipe huruf serif.


2.   Sans serif

Sans Serif sendiri berkarakter sebagai huruf yang bersih, fungsional, dan lebih modern daripada serif. Biasanya, Sans Serif digunakan untuk desain digital. Contohnya ialah font Century Gothic, Futura, Avant Garde, dan sebagainya.


3.   Script

Huruf yang satu ini sering digunakan pada wirausaha yang menginginkan pesan inspirasi akan elegan dan keanggunan. Font ini identik dengan font seperti tulisan tangan yang sering digunakan untuk sisi afeksi sehingga pembaca dapat menerima pesan yang personal, kreatif dan benar – benar tulus. Dua tahun belakangan ini banyak wirausaha makanan yang menjadikan font script sebagai font nya atau menjadikannya sebagai hiasan di café nya.


4.   Display

Karakterisitik tipe huruf Display terkesan akrab, lucu, cukup aneh, dan membuat orang penasaran. Tipe huruf ini biasanya dituliskan cukup besar yang cenderung mempunyai beberapa karakter bagi pembacanya. Contoh nyata tipe huruf display ialah pada font unik Disney yang menjadi font paling dapat dikenali di dunia.


              5. Modern

Modern memiliki karakteristik yang terkesan cerdas, berfikir kedepan, dan stylish. Mereka yang menggunakan tipe huruf ini cenderung dapat melakukan hal futuristik dan cerdas. Uniknya, mereka tidak hanya berkaca pada saat ini, tetapi juga menetapkan tren dan merk yang dibawa seiring dengan reputasi mereka oleh pembaca. Tipe huruf ini mencerminkan apa yang terjadi di masa depan. Salah satu contoh font dari tipe huruf ini ialah Prototype.




Untuk memahami font psikologi ini membutuhkan waktu lebih dari sekedar mengetahui emosi yang dibawa para pembaca. Adanya efek bawah sadar lain dalam otak dalam memahami font tertentu. Bagaimana otak manusia mengartikan dan mempersepsikan font tertentu dapat membantu kalian untuk membuka potensi yang sesungguhnya dari setiap font yang digunakan.


Semakin sering para pembaca merasa tidak asing dengan font yang kalian pilih, semakin sering para pembaca mempercayai kalian. Inilah penyebab mengapa banyak desainer yang hanya memakai satu atau dua font, seperti font Helvetica. Tetapi, bukan berarti kalian harus membuat desain kalian menyatu dengan orang lain yang memakai font yang sama, lebih kearah sisi keakraban yang membantu mendapatkan rasa percaya oleh pembaca. Apabila kalian merasa tidak harus khusus dengan font Helvetica, kalian dapat menggunakan font lain yang mungkin terinspirasi atau mirip dengan Helvetica untuk lebih menonjol tetapi tetap dapat kesan akrab bagi pembaca.


Kalian semua juga harus cukup berhati-hati dalam memilih font untuk logo. Seperti yang kalian tahu, para pembaca mempunyai perasaan, sisi emosi, dan asosiasi saat mereka melihat warna tertentu. Semisal, jika kalian ingin menggambarkan merk atau bisnis kalian mengarah ke sisi tradisional atau terhormat kalian mungkin membutuhkan tipe huruf Serif. Namun, jika kalian ingin bisnis atau merk kalian terlihat modern mungkin tipe huruf sans serif atau script cocok untuk itu.




Komentar

Postingan Populer